Nasihat Usang Soal Karier

Sabtu, 20 Desember 2014 - 12:00 WIB
Nasihat Usang Soal Karier
Nasihat Usang Soal Karier
A A A
BERBAGAI nasihat mengenai karier dapat ditemukan dengan mudah dalam banyak situs. Namun, tidak semua nasihat karier sesuai dengan kondisi masa kini.

Berikut nasihat karier yang sebaiknya tidak Anda ikuti.

1.Perencanaan Lima Tahun

Jangan terlalu bergantung pada rencana lima tahun ke depan yang telah Anda susun. Peluang besar justru kerap datang pada saat yang tidak terduga. Anda akan kehilangan banyak peluang jika terlalu berpaku dalam rencana lima tahun yang telah dibuat.

2.Jangan Berpindah-Pindah Pekerjaan

Terdapat satu kecenderungan buruk yang sering terjadi dalam perusahaan, yaitu terbiasa menjadi pekerja keras loyal yang tidak pernah berpikir untuk mencoba posisi baru sehingga tidak mendapatkan upah yang seharusnya bisa diperoleh. Janganlah takut mencoba posisi baru. Penelitian menunjukkan, orang yang bekerja lebih dari dua tahun dalam suatu perusahaan, memiliki penghasilan 50% lebih rendah dari yang seharusnya dapat dihasilkan.

3.Berorientasi Pada Uang Atau Minat dan Uang Akan Mengalir Dengan Sendirinya

Kedua nasihat ini sama-sama buruk. Anda akan tersiksa bila hanya mengejar penghasilan tanpa memedulikan hal-hal yang disukai. Sebaliknya, berpikiran bahwa uang akan datang dengan sendirinya bila telah melakukan pekerjaan yang Anda suka sangatlah naif. Pertimbangkan antara minat, bakat, dan potensi penghasilan dengan baik, kemudian ambil jalan tengahnya.

4.Jangan Terlalu Bergairah. Biarkan Hasil Kerja Menunjukkan Kualitas Diri

Nasihat ini sudah ketinggalan zaman. Jika Anda memiliki kemampuan dan menginginkan promosi, biarkanlah orang lain tahu. Katakanlah kepada atasan secara langsung mengenai keinginan Anda.

5.Jangan Membuang Waktu Dengan Melamar Pekerjaan yang Tidak Sesuai

Hanya karena beberapa bidang tidak sesuai dengan diri Anda, bukan berarti tidak perlu mencoba untuk melamarnya. Tentunya dengan batasan yang masih dapat diterima logika.

Setiap proses melamar kerja akan meningkatkan pengalaman dan kemampuan, khususnya dalam teknik wawancara dan membangun rasa percaya diri. (claudia carla/fast company)
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)